Langsung ke konten utama

Kenapa ke Kampung Inggris?

Beberapa waktu lalu aku resign dari kantor tempatku bekerja. Kemudian untuk mengisi waktu dan escape dari rutinitas aku memutuskan untuk belajar di kampung inggris. Sebenernya udah dari jaman SMP aku pengen banget kesana jadi emang dari dulu udah jadi wishlist. Temen-temenku waktu itu tiap liburan selalu ngisi waktu kesana. Penasaran aja ada apa disana? dan benarkah belajar disana itu efektif buat improve kemampuan bahasa Inggris? Simak ceritanya berikut ini hehe

Pertama yang aku lakuin sebelum aku pergi ke pare adalah pilih program kursus. Kebetulan sertifikat TOEFL aku udah expired, so aku ngambil program TOEFL. Aku tidak berencana disana dalam waktu lama karena helloo mau sampai kapan buang uang haha aku harus kembali bekerja. Jadi aku memutuskan untuk ambil program yang 2 minggu aja tapi setiap harinya jadwal lebih padat. Pada akhirnya, aku pilih di lembaga kursus LOGICO Program TOEFL Reguler. Logico ini adalah cabangnya salah satu lembaga kursus tertua di Pare yaitu ELFAST jadi pengajarnya pun dari ELFAST. Selain pilih lembaga kursus aku juga cari kos-kosan. Perkembangan teknologi sangat membantuku, kali ini aku cari kos secara online via Mamikos. Mungkin beberapa dari temen-temen udah tau tapi ini kali pertama kau cari tempat tinggal via aplikasi online dan tidak mengecewakan. Semua informasi tersedia dari mulai alamat, nomor telfon pemilik kost, hingga fasilitas kos. Untuk kalian yang lagi cari kosan dan ga sempet survey lokasi bisa jadi opsi cari via https://mamikos.com/. Tidak berbayar ya ini aku pure menyarankan.

Sesampainya di Pare aku langsung survey tempat les yang udah aku book sebelumnya, dan ternyata lumayan jauh 1,4 km kalo jalan sekitar 20 menit. Oh iya disini kita bisa sewa sepeda kalo misal tempat camp atau kost jauh bisa sekalian olah raga bagi yang ga suka jalan. Waktu jalan dari tempat les ke kosan aku memutuskan untuk sewa sepeda, harganya 50.000 untuk 2 minggu, kalo mau pinjem sebulan 80.000. Cukup murah, dan jangan lupa untuk bawa KTP karena buat jaminan biar kita ga bawa kabur sepedanya gaes haha.  Disekitar tempat les banyak banget tempat makan dan jajanan yang harganya murah banget. Nasi satu porsi disini dijual mulai dari 5.000 dan penjualnya pun ramah-ramah. Ada juga tempat makan yang bagus buat tempat belajar sekaligus tempat hunting foto, namanya pak kumis dan harganya juga lumayan terjangkau. Tapi kalau kalian budgetnya minim bisa coba ke warung yang deket jalan brawijaya atau jalan anyelir. Contohnya Dapur Jawa yang ada di jalan Brawijaya, aku kesini karena dikasih rekomendasi sama temenku yang sebelumnya udah pernah belajar di Pare. Menunya banyak, rasa dan harganya juga cocok buat berhemat. So, kalo ke Pare jangan lupa cobain menu-menu disana ya. :)



Hari pertama aku dateng ke kelas jam 7 pagi dimana aku sebenernya ga tau jadwalnya jam berapa. Ternyata sesampainya di tempat les kelas udah selesai yaitu kelas listening pertemuan pertama yang dimulai jam 5.30 pagi. Jadi di program ini dalam sehari itu dibagi dalam 3 section, yaitu 2 kali kelas listening dan structure, plus satu kali kelas reading. Waktu itu kebetulan temen-temenku adalah anak S1 semua jadi gak begitu rame karena program holiday anak SMP-SMA belum dimulai. Aku bersyukur banget disini ketemu orang-orang baru dan dari daerah yang berbeda-beda tapi kita tetep punya satu visi yaitu improve kemampuan bahasa.

Foto bareng temen logico di warung pak kumis

Kursus disini dimulai setiap tanggal 10 dan 25 tiap bulannya. Teacher-nya menurutku bagus banget apalagi teacher structure walaupun pada akhirnya aku tetep pake analisis meaning, I'm sorry Sir. Tapi buat temen-temen yang pengen improve kemampuan bahasa Inggris perlu banget buat ngerasain belajar di Pare. Terutama yang lagi punya banyak waktu luang ya, soalnya disini ada program mulai dari 2 minggu, sebulan, sampe tak terhingga. Kalo aku kebetulan pengen menuhin wishlist  dan emang  TOEFL score udah expired jadi sekalian aja ambil program 2 minggu waktu itu.  Jadi kalau ada yang tanya kenapa ke kampung inggris? Karena selain dari tempat lesnya yang kondusif, temen-temennya yang sevisi, biaya hidup disana juga murah. Jadi kita ga cuma dapetin ilmu bahasanya tapi juga inner peace dalam belajartemen baru, dan tentunya experience baru.

Jadi tunggu apa lagi , take it or leave it!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan dari Bojonegoro ke Kampung Inggris (Via Babat)

sumber:google                Perjalanan dari Bojonegoro ke Kampung Inggris Pare dimulai pukul 10.30, aku berangkat dari rumahku, Desa Kalitidu. Tepat pukul 11.00 aku sampai di Terminal Bojonegoro via angkot. Sebenernya udah terlalu siang dan aku berangkat sendiri dari rumah dengan membawa satu koper dan satu ransel. Ini kali pertama aku pergi ke kota Kediri. Dari dulu pengen banget ngisi waktu libur ke pare, pengen ngerasain gimana belajar bahasa disini. Tapi setiap liburan malah isinya jualan dipasar, kelas enterpreneurship by Mom Hehe.. Balik lagi ke terminal Bojonegoro, dari situ aku naik bus jurusan Babat. Sebelumnya aku udah googling gimana cara nyampe ke Pare dari Bojonegoro dan alhamdulillah dapet pencerahan dari blog.... kuikuti aja petunjuknya. Ongkos bus Bojonegoro-Babat 8.000.  Just info  aja busnya lumayan nyaman buat kalian yang belum pernah naik bus jurusan Surabaya. Sampai di Babat aku langsung disambut dengan babak-bapak tukang angkot. Si bapak nawarin ak

Pengalaman Rekrutmen PCPM Bank Indonesia

Hallo jobseekers, entah siapa yang baca, tapi ini aku tulis berdasarkan pengalaman yang udah aku jalanin 3 tahun terakhir khususnya waktu apply Rekrutmen Bank Indonesia jalur PCPM. WOW Kedengarannya keren sih ya kenapa berani nge- apply di rekrutmen warbiasah macam PCPM ini. Karena…. “namanya juga usaha”. Beberapa temen kasih motivasi, beberapa temen bilang “wah aku mah ga berani”. Tapi let’s check this out. Jadi, BI ini hampir tiap tahun, kalo aku amatin tiap akhir tahun sekitar bulan September selalu buka rekrutmen jalur PCPM. Apa itu PCPM? Jadi PCPM yang merupakan singkatan dari Pendidikan Calon Pegawai Muda ini merupakan salah satu jalur penerimaan pegawai yang dipersiapkan untuk menjadi pimpinan di Bank Indonesia. Melalui jalur PCPM, mereka yang terjaring dipersiapkan menjadi calon-calon pemimpin masa depan Bank Indonesia. Oke kita lanjut ke cerita detailnya berdasarkan pengalaman eike. Pertama daftar PCPM BI adalah waktu aku baru aja dapet SKL (Surat Keterangan

Resolusi

Ga kerasa banget udah tahun 2018. Satu tahun yang super wonderful  terlewatkan mostly dengan pekerjaan dan focus on my family. Beberapa kali ada niatan untuk meninggalkan pekerjaan, namun entah mengapa kuurungkan niatku. Makin kesini aku semakin mencintai pekerjaanku, Alhamdulillah. Di satu sisi karena cinta pekerjaan, disisi lain pekerjaan ini adalah alasan supaya aku bisa tetap tinggal di Bojonegoro menjaga kedua orang tua. Tak sedikit kawan yang bertanya mengenai lowongan pekerjaan di tempatku bekerja karena ingin dekat dengan orang tua. Sedikit teguran kepada diri sendiri untuk selalu bersyukur bisa dapetin kerjaan ini. Kalo kata temenku “ urip iku sawang sinawang ”, kadang kita melihat orang lain lebih beruntung dari kita padahal realitanya bisa jadi tidak demikian. Aku sering berpikir tentang teman-teman yang  bekerja di perusahaan yang bagus di kota besar akan bisa explore ilmu lebih banyak dan semuanya serba keren, namun siapa sangka beberapa dari mereka tidak merasa demikian