Langsung ke konten utama

Transportasi

Belakangan ini lagi banyak berita tentang driver ojek online dan taksi online yang dikeroyok sama driver angkutan umum. Ga etis aja sih ngeliatnya. Secara yang namanya kerja, cari rejeki kita kudu jaga attitude, pakeknya otak, bukan kebanyakan bawa perasaan, tapi bawa perubahan lhoh. Menurutku bukan pada tempatnya driver angkutan umum dan ojek offline ngeroyok para ojek online yang juga sama-sama nyari rejeki. Kalopun itu rejekinya mereka (driver offline) juga pasti bakal dateng kok tanpa perlu dengan seterbuka itu mengekspresikan kemarahannya.
Kadang kalo dipikir-pikir ada benernya juga kita konsumen yang lebih memilih naik ojek online dibanding naik angkutan umum, in case kita lagi keburu waktu dan udah males nunggu angkutan yang masih ngetem di perempatan. Gimana penumpang mau tertarik naik kendaraan umum coba kalo sarana yang ada itu udah ga layak dan nantinya kalo kita kelamaan nunggu mereka ngetem malah bikin badmood. Sebenernya aku pun masih menjadi konsumen setia angkutan umum jika memang ga lagi cepet-cepetan, ditambah harganya yang lebih terjangkau.
Beberapa hari yang lalu aku naik bus antar kota di daerahku beuh panasnya gila. Serasa pengen teriak didalem sambil berusaha ngeluarin kepala ke jendela biar kena angin. Kebetulan aku duduk di belakang kursi driver yang deket sama kotak mesin atau apalah itu dan itu panas banget. Suara busnya kalo jalan berasa sparepart nya udah mau copot semua. Asap yang dikeluarin bus itu ga ketulungan item banget, ga kebayang kalo aku naik motor di belakangnya. Pada saat itu aku naik busnya sama bapak, jadi kutahan diri untuk mengeluh karena bapak adalah orang yang paling lempeng menghadapi ketidaknyamanan, orang yang ga gampang ngeluh. Bus melaju dengan lumayan cepet  alhamdulillah.
Setelah sampai 60% perjalanan, entah dengan alasan apa bus itu puter balik. Lhoh…dan ternyata busnya jemput penumpang anak sekolahan. Please mending tadi nungguin aja pak di depan sekolah, ga perlu sampe puter balik sejauh ini. Aku terlalu sungkan untuk mengeluh ke bapakku. Terlihat jelas dari raut wajah beliau yang lagi kelelahan dan kepanasan di dalam bus yang sudah bisa dibilang tak layak itu.
Pengalaman naik angkutan umum yang ga mengenakkan itu bikin aku berpikir “Kenapa penyedia angkutan umum ga dengan cepat memperbaiki kendaraannya?” at least menjadi lebih bersih dan terlihat terawat dengan jendela yang lebih besar dengan asap yang ga seitem itu. Mengingat kini banyak sekali alat transportasi yang lebih nyaman dan harganya ga kalah terjangkaunya dengan mereka, serta aksesnya lebih mudah. “Kenapa ga disediakan alat transportasi yang mudah diakses, pasti jadwalnya, dan ga ada jalur yang bikin mereka puter balik seenaknya?”. Aku paling ga betah nahan kantuk naik motor pas lagi capek, tapi alasan ini ngebuat ak paling ga mau disuruh ibuku naik bis buat berangkat kerja.


Jika alat transportasi umum diperbaiki, pengguna kendaraan pribadi akan semakin berkurang, polusi akan berkurang, mobilitas semakin meningkat, dan dengan adanya perubahan system bisa menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran. Beberapa kota besar alhamdulillah sudah menghimbau masyarakat untuk naik angkutan umum, dan harapannya himbauan tersebut akan masuk ke daerah-daerah diiringi dengan adanya perbaikan kualitas kendaraan umum. Cukup sekian curhatan aku kali ini semoga pihak–pihak yang berkewajiban dan berkewenangan dengan urusan transportasi Indonesia segera menyadari bahwa transportasi itu adalah hal yang paling kritis di Indonesia selain kemiskinan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan dari Bojonegoro ke Kampung Inggris (Via Babat)

sumber:google                Perjalanan dari Bojonegoro ke Kampung Inggris Pare dimulai pukul 10.30, aku berangkat dari rumahku, Desa Kalitidu. Tepat pukul 11.00 aku sampai di Terminal Bojonegoro via angkot. Sebenernya udah terlalu siang dan aku berangkat sendiri dari rumah dengan membawa satu koper dan satu ransel. Ini kali pertama aku pergi ke kota Kediri. Dari dulu pengen banget ngisi waktu libur ke pare, pengen ngerasain gimana belajar bahasa disini. Tapi setiap liburan malah isinya jualan dipasar, kelas enterpreneurship by Mom Hehe.. Balik lagi ke terminal Bojonegoro, dari situ aku naik bus jurusan Babat. Sebelumnya aku udah googling gimana cara nyampe ke Pare dari Bojonegoro dan alhamdulillah dapet pencerahan dari blog.... kuikuti aja petunjuknya. Ongkos bus Bojonegoro-Babat 8.000.  Just info  aja busnya lumayan nyaman buat kalian yang belum pernah naik bus jurusan Surabaya. Sampai di Babat aku langsung disambut dengan babak-bapak tukang angkot. Si bapak nawarin ak

Pengalaman Rekrutmen PCPM Bank Indonesia

Hallo jobseekers, entah siapa yang baca, tapi ini aku tulis berdasarkan pengalaman yang udah aku jalanin 3 tahun terakhir khususnya waktu apply Rekrutmen Bank Indonesia jalur PCPM. WOW Kedengarannya keren sih ya kenapa berani nge- apply di rekrutmen warbiasah macam PCPM ini. Karena…. “namanya juga usaha”. Beberapa temen kasih motivasi, beberapa temen bilang “wah aku mah ga berani”. Tapi let’s check this out. Jadi, BI ini hampir tiap tahun, kalo aku amatin tiap akhir tahun sekitar bulan September selalu buka rekrutmen jalur PCPM. Apa itu PCPM? Jadi PCPM yang merupakan singkatan dari Pendidikan Calon Pegawai Muda ini merupakan salah satu jalur penerimaan pegawai yang dipersiapkan untuk menjadi pimpinan di Bank Indonesia. Melalui jalur PCPM, mereka yang terjaring dipersiapkan menjadi calon-calon pemimpin masa depan Bank Indonesia. Oke kita lanjut ke cerita detailnya berdasarkan pengalaman eike. Pertama daftar PCPM BI adalah waktu aku baru aja dapet SKL (Surat Keterangan

Resolusi

Ga kerasa banget udah tahun 2018. Satu tahun yang super wonderful  terlewatkan mostly dengan pekerjaan dan focus on my family. Beberapa kali ada niatan untuk meninggalkan pekerjaan, namun entah mengapa kuurungkan niatku. Makin kesini aku semakin mencintai pekerjaanku, Alhamdulillah. Di satu sisi karena cinta pekerjaan, disisi lain pekerjaan ini adalah alasan supaya aku bisa tetap tinggal di Bojonegoro menjaga kedua orang tua. Tak sedikit kawan yang bertanya mengenai lowongan pekerjaan di tempatku bekerja karena ingin dekat dengan orang tua. Sedikit teguran kepada diri sendiri untuk selalu bersyukur bisa dapetin kerjaan ini. Kalo kata temenku “ urip iku sawang sinawang ”, kadang kita melihat orang lain lebih beruntung dari kita padahal realitanya bisa jadi tidak demikian. Aku sering berpikir tentang teman-teman yang  bekerja di perusahaan yang bagus di kota besar akan bisa explore ilmu lebih banyak dan semuanya serba keren, namun siapa sangka beberapa dari mereka tidak merasa demikian