Belakangan ini lagi banyak berita tentang driver ojek online dan
taksi online yang dikeroyok sama driver angkutan umum. Ga etis aja sih
ngeliatnya. Secara yang namanya kerja, cari rejeki kita kudu jaga attitude,
pakeknya otak, bukan kebanyakan bawa perasaan, tapi bawa perubahan lhoh. Menurutku bukan pada tempatnya
driver angkutan umum dan ojek offline ngeroyok para ojek online yang juga
sama-sama nyari rejeki. Kalopun itu rejekinya mereka (driver offline) juga
pasti bakal dateng kok tanpa perlu dengan seterbuka itu mengekspresikan
kemarahannya.
Kadang kalo dipikir-pikir ada benernya juga kita konsumen yang
lebih memilih naik ojek online dibanding naik angkutan umum, in case kita lagi keburu waktu dan udah
males nunggu angkutan yang masih ngetem di perempatan. Gimana penumpang mau
tertarik naik kendaraan umum coba kalo sarana yang ada itu udah ga layak dan
nantinya kalo kita kelamaan nunggu mereka ngetem malah bikin badmood. Sebenernya aku pun masih
menjadi konsumen setia angkutan umum jika memang ga lagi cepet-cepetan, ditambah
harganya yang lebih terjangkau.
Beberapa hari yang lalu aku naik bus antar kota di daerahku beuh panasnya gila. Serasa pengen teriak
didalem sambil berusaha ngeluarin kepala ke jendela biar kena angin. Kebetulan aku
duduk di belakang kursi driver yang deket sama kotak mesin atau apalah itu dan
itu panas banget. Suara busnya kalo jalan berasa sparepart nya udah mau copot semua. Asap yang dikeluarin bus itu ga
ketulungan item banget, ga kebayang kalo aku naik motor di belakangnya. Pada saat
itu aku naik busnya sama bapak, jadi kutahan diri untuk mengeluh karena bapak
adalah orang yang paling lempeng menghadapi ketidaknyamanan, orang yang ga
gampang ngeluh. Bus melaju dengan lumayan cepet alhamdulillah.
Setelah sampai 60% perjalanan, entah dengan alasan apa bus itu
puter balik. Lhoh…dan ternyata busnya
jemput penumpang anak sekolahan. Please
mending tadi nungguin aja pak di depan sekolah, ga perlu sampe puter balik
sejauh ini. Aku terlalu sungkan untuk mengeluh ke bapakku. Terlihat jelas dari
raut wajah beliau yang lagi kelelahan dan kepanasan di dalam bus yang sudah
bisa dibilang tak layak itu.
Pengalaman naik angkutan umum yang ga mengenakkan itu bikin aku
berpikir “Kenapa penyedia angkutan umum ga dengan cepat memperbaiki
kendaraannya?” at least menjadi lebih
bersih dan terlihat terawat dengan jendela yang lebih besar dengan asap yang ga
seitem itu. Mengingat kini banyak sekali alat transportasi yang lebih nyaman
dan harganya ga kalah terjangkaunya dengan mereka, serta aksesnya lebih mudah. “Kenapa
ga disediakan alat transportasi yang mudah diakses, pasti jadwalnya, dan ga ada
jalur yang bikin mereka puter balik seenaknya?”. Aku paling ga betah nahan
kantuk naik motor pas lagi capek, tapi alasan ini ngebuat ak paling ga mau
disuruh ibuku naik bis buat berangkat kerja.
Jika alat transportasi umum diperbaiki, pengguna
kendaraan pribadi akan semakin berkurang, polusi akan berkurang, mobilitas
semakin meningkat, dan dengan adanya perubahan system bisa menyerap tenaga
kerja dan mengurangi pengangguran. Beberapa kota besar alhamdulillah sudah menghimbau masyarakat untuk naik angkutan umum, dan harapannya himbauan tersebut akan masuk ke daerah-daerah diiringi dengan adanya perbaikan kualitas kendaraan umum. Cukup sekian curhatan aku kali ini semoga
pihak–pihak yang berkewajiban dan berkewenangan dengan urusan transportasi
Indonesia segera menyadari bahwa transportasi itu adalah hal yang paling kritis
di Indonesia selain kemiskinan.
Komentar
Posting Komentar